Sabtu, 08 Januari 2011

Masji-Masjid di Moskow

Tahukan anda, jika di Moskow juga ada beberapa masjid yang digunakan untuk kegiatan umat islam disana. Masjid-masjid di sana secara umum dapat dibagi menjadi 2 jenis, yakni masjid kuarter – masjid yang hanya dipakai untuk sholat lima waktu dan masjid primer- masjid yang juga digunakan untuk shalat Jumat berjamaah.
Saat ini, di kota Moskow terdapat lebih dari 3 juta umat islam. Dan bagaimana menurut anda, kira-kira  berapa banyak masjid yang benar benar dibutuhkan untuk aktifitas mereka? Dari penelusuran penulis, saat ini di Moskow terdapat tujuh masjid (www.russian-mosques.com) yang tersebar di berbagai sudut kota yakni:
  1. Masjid Dar al-Arqam, di Skladochnaya street
  2. Organisasi Muslim, di Grace street , Laksamana Lazarev, 26
  3. Masjid bersejarah, di Great Tatar, 28
  4. Masjid Tambak, di Rubtsovsk 12
  5. Masjid Yardyam, di Khachaturian street, 8
  6. Masjid Peringatan Moskow, di Minsky street, 2В
  7. Masjid Katedral Moskow, di Vypolzov pereulok, 7
Kita juga dapat menemukan masjid kuarter di bandara domodedovo, Moskow. Masjid itu merupakan satu satunya masjid yang berada di bandara di Moskow.
Dan berikut ini penulis mencoba untuk menyajikan sedikit informasi mengenai beberapa masjid primer yang ada di kota Moskow.
Masjid Yardyam (Мечеть Ярдям)
Alamat : Khacaturyana street, 8. Metro station Otradnoe
Phone : (495) 903-6088
Kubah masjid yang tinggi dan ramping dapat jelas terlihat dari stasiun metro otradnoe. Pembangunan masjid ini dimulai pada musim gugur, oktober tahun 1996 atas inisiatif badan keagamaan tatar “ Hilal “. Masjid ini diresmikan oleh organisasi islam Yardem pada saat perayaan 850 tahun kota Moskow pada 14 September 1997.
Arsitektur asli masjid terdiri atas dua menara. Ini mengingatkan kita pada gaya pembangunan masjid di Asia Tengah, Iran dan negara-negara Muslim lainnya di Timur tengah. Masjid di Otradnoe ini termasuk dalam kompleks bangunan keagamaan dari tiga agama besar di Rusia yakni Kristen, Islam dan Yudaisme.
Masjid Katedral Moskow (Московская Соборная Мечеть)
Alamat : Vypolzov pereulok, 7. Metro station Prospekt mira
Phone : (495) 681-4904 and (495) 684-7908
Pada awal abad XX, komunitas Imam B. Alimov dan H. Akbulatov dari Majelis keagamaan Orenburg mengusulkan pembangunan sebuah masjid baru di Moskow. Kemudian diperoleh ijin pembangunannya dan pada bulan November 1904, kurang dari setahun setelah mendapat lahan, berhasil dibangun sebuah masjid di jalur Vypolzovo dengan arsitek N. Zhukov atas dukungan keuangan dari dermawan S. Erzin.
Setelah tahun 1937, Masjid Agung Tatarstan ditutup. Lalu berdirilah masjid baru yang dikenal sebagai Katedral. Di lokasi masjid terdapat pusat sentral kegiatan umat islam yang tidak hanya bagi penduduk muslim ibukota melainkan untuk umat islam Eropa Timur. Beberapa bangunan disana merupakan sentral kegiatan muslim seperti  Manajemen Keagamaan Muslim Rusia (Doumer) serta Perguruan Tinggi Islam Rusia. Pintu masjid selalu terbuka untuk semua umat islam dan untuk orang-orang berhati baik serta pikiran yang murni.
Masjid Peringatan (Мечеть Мемориальная)
Alamat : Minskaya street, 2B. Metro station Park Pabedey
Phone : (495) 449-8113
Masjid ini terletak di puncak sebuah bukit dimana banyak orang disana bersujud seraya berdoa sambil menghadap ke kota Moskow. Masjid ini dibangun untuk menghormati tentara muslim yang gugur di medan perang untuk kemenangan saat Great Patriotic War,  selang tahun 1941-1945. Arsitek masjid adalah seorang arsitek Moskow, Elias Tazhiev. Penampilan masjid ini merupakan gabungan gaya arsitek dari Islam Timur seperti Tatar, Uzbekistan dan Kaukasia. Masjid ini telah menjadi salah satu elemen arsitektur yang paling asli di ibukota.
Masjid Sejarah Moskow (Мечеть Московская Историческая)
Alamat : Great Tatar street, 28. Metro station Tretyakovskaya
Phone : (495) 951 8448
Muslim kota Moskow pada tahun 1813 mendapat ijin pembangunan sebuah masjid. Pemberian ijin ini merupakan tanda jasa bagi para tentara muslim Tatar-Bashkir dalam Perang Patriotik tahun 1812. Pada tahun 1823, muslim ibukota diizinkan untuk membangun masjid pada area milik saudagar Nazarbaya Hamalova. Pada tahun 1881, masjid direkonstruksi dengan membangun sebuah menara dan kubah.
Sampai awal abad XX, Masjid Agung Tatar merupakan satu-satunya tempat ibadah di Moskow bagi umat muslim. Di masjid ini, didirikan sebuah panti asuhan dan madrasah, dan pada tahun 1914, di sekitar masjid dibangun sebuah gedung bertingkat (rumah asadullaeva) yang didanai oleh pengusaha tambang Shamsi Asadullayev. Rumah Asadullaeva ini kemudian menjadi pusat budaya dan pendidikan Islam Moskow sebelum masa revolusi. Sampai tahun 1930-an, aktifitas masjid masih berjalan. Dan pada tahun 1936, Imam Masjid Agung Tatar, Abdullah Tatar Shamsutdinov (1878-1937), ditangkap. Setelah peristiwa penangkapan itu masjid langsung ditutup.
Kebangkitan masjid itu dimulai pada tahun 1991 ketika masyarakat ”Bayt Allah” mendapatkan garansi atas penggunaan gedung untuk aktifitas. Seorang Syeikh dari Arab telah membantu kebangkitan kembali masjid itu. Dana diperoleh dari salah satu perusahaan konstruksi di Turki. Dan Pada Mei 1993, masjid tersebut dibuka kembali untuk seluruh umat islam.
This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar